Bersama Keluarga Warga Tionghoa Bengkalis Mendatangi Vihara

RAKYATRIAU.COM, BENGKALIS - Seperti perayaan Imlek biasaanya, Vihara Hok Ann Kiong selalu menjadi pusat perayaan setiap tahunnya di kota Bengkalis. Hari pertama perayaan Imlek 2018 warga keturunan Tionghoa Bengkalis bersama keluarga masing silih berganti mendatangi Vihara untuk melakukan sembahyang, Jumat (16/2/2018).

Sebagian besar mereka yang sembahyang menggunakan pakaian berwarna merah terang. Mereka terlihat membakar dupa, serta melakukan penyembahan dewa yang di dalam Vihara.

Humas Vihara Hok Ann Kiong Herman Wijaya mengatakan, peringatan Imlek hari pertama memang biasanya sebagai hari keluarga. Dimana pelaksanaan sembahyang di klenteng bersama keluarga masing masing.

Menurut dia, untuk sembahyang puncaknya akan dilakukan pada hari Rabu pekan depan. dimana akan dilakukan pawai keliling kota Bengkalis.

Saat ritual pawai nantinnya Budha akan turun memberikan ketentramam seluruh umat. “Setiap rute yang kita lalui sudah sesuai dengan ketentuan Budha, di daerah tersebut diberikan berkah ketentramam," jelas Herman.

Menurut dia, untuk rute pawai masih sama dengan tahun sebelumnya. Pihak Vihara telah menempelkan rute yang akan dilalui di sekitaran Vihara Hok Ann Kiong.

Sementara itu, menurut Herman tahun Imlek tahun ini merupakan tahun Anjing. Di tahun Anjing ini memiliki makna harus bekerja keras dan berpacu. Karena di tahun ini kondisi masih berat.

"Makna tahun anjing masih mirip seperti tahun ayam kemarin, dimana memang kita harus terus bekerja keras dan berpacu," tandasnya. (put)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa