Masyarakat Inhil Diminta Fokus Kembangkan Songket

Rakyatriau.com -- Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Indragiri Hilir, Hj Zulaikhah Wardan berharap Inhil untuk fokus mengembangkan kerajinan kain songket.

Zulaikhah beralasan, meski banyak jenis kain songket, namun kain songket Kabupaten Inhil memiliki keunikan tersendiri.

"Alangkah baiknya masyarakat Inhil fokus untuk mengembangkan potensi songket Inhil, karena songket kita berbeda dengan songket daerah lainnya," sebutnya dalam Temu Ramah Pengrajin Binaan Dekranasda se-Kabupaten Inhil dipenghujung 2017 lalu.

Zulaikhah menyampaikan bahwa produk seni dalam kerajinan telah berperan secara nyata dalam meningkatkan perekonomian rakyat.

"Karena itu seni pengrajin perlu di bina dan digali. Terbukti hasil kerajinan Inhil sangat diminati pengunjung contoh anyaman pandan. Ke depannya kita harus lakukan pembinaan dan pengembangan," ucapnya.

Wanita yang akrab disapa Ikha ini mengungkapkan kerajinan di Inhil belum mampu memenuhi permintaan pasar. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan produksi, rendahnya kemampuan pengrajin, dan kurangnya bahan baku. Oleh sebab itu diperlukan fasilitasi, dan pembinaan terhadap pengrajin, sehingga dapat memenuhi permintaan pasar.

Ikha menghimbau kepada para pengrajin untuk menghasilkan produk yang berkualitas, dan mnjaga kelangsungan usaha.

"Agar usaha kita terus berlanjut ciptakan produk yang bermutu, kemasan yang menarik, dan mematok harga yang terjangkau. Harga jual jangan trlalu murah dan terlalu mahal. Kepada seluruh pserta dihrapkan dapat mengambil pelajaran dari acara ini sehingga dapat menampung eksistensi dari produk-produk yang dibuat," harapnya. (suf)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa