Pilkada Inhil, Tiga Bakal Calon Resmi Mendaftar

RAKYATRIAU.COM -- Rabu malam (10/01/2018) pada pukul 24:00 Wib sebagai waktu terakhir pendaftaran Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Indragiri Hilir di KPU secara resmi ditutup.

Tiga pasangan calon mendaftar di hari terakhir tersebut. Ketiganya adalah Wardan berpasangan dengan Syamsuddin Uti, Rosman Malomo dan Musmulyadi serta pasangan Ramli Walid dan DR. Ali Azhar.

"Dari tanggal 8 hingga 10 Januari 2018, ada tiga pasang bakal calon yang mendaftar ke KPU," kata Ketua KPU Inhil, Suhaidi saat konferensi pers dengan awak media, Rabu malam (10/01/2018).

Adapun agenda selanjutnya, akan dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi bakal calon bupati dan wakil bupati pada tanggal 12-13 Januari 2018.

"Untuk pemeriksaan kesehatan ada tiga, yakni jasmani dan rohani serta pemeriksaan tidak menggunakan narkoba," tambahnya.

Dari hasil pemeriksaan akan menjadi syarat calon dan bagian dari memenuhi syarat atau tidaknya bakal pasangan calon. "Hasil akan kami terima pada tanggal 15 atau 16 Januari 2016," jelasnya.

Muhammad Dong, salah seorang komisioner KPU juga menambahkan selain pemeriksaan kesehatan, KPU akan melakukan verifikasi terhadap syarat pencalonan administrasi.

"Verifikasi akan kami laksanakan sejak tanggal 8-16 Januari. Kemudian pada tanggal 17-18 hasil dari pemeriksaan kesehatan dan verfikasi administrasi akan kami serahkan kepada bakal pasangan calon. Dan seandainya ada syarat calon yang perlu dilengkapi, maka ada waktu melakukan perbaikan pada tanggal 18-20 Januari 2018," tambahnya.

Kemudian dari tanggal 20-26 Januaru, KPU akan kembali melakukan verifikasi kelengkapan persyaratan bakal calon. "Saat dokumen pasangan tersebut memenuhi syarat, maka KPI akan melakukan pleno penetapan calon pada tanggal 12 Februari 2018 yang dilanjutkan dengan pengundian calon urut kepada ketiga pasangan itu pada tanggal 13 Februari 2018," tambah Muhammad Dong. (suf)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa