BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Ngoblor Bareng Bersama Insan Pers


Pekanbaru (Rakyat Riau) - Guna memberikan informasi terbaru seputar pelaksanaan program JKN-KIS kepada masyarakat, BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru menggelar acara ngobrol bareng bersama sejumlah insan pers dengan tema Rujukan Online, Pelakaanaan Progrqm JKN KIS era jaman Now bertempat di Hotel Grand Suka Pekanbaru, Selasa (18/09).

Dalam pertemuan tersebut, banyak persoalan yang dibahas, mulai dari pelayanan, ketersediaan obat, keluhan masyarakat, ketersediaan ruang kamar rawat inap dan sebagainya, termasuk penerapan program rujukan online.

Kepala BPJS Kesehatan cabang Pekanbaru, Rahmad Asri Ritonga mengakui, ksulitan dalam mendapatkan kamar inap atau ruang IGD disebuah rumah sakit, hingga saat ini masih mendominasi keluhan peserta JKN-KIS BPJS Kesehatan. Dan untuk mengatasi permasalahan tersebut, maka BPJS Kesehatan menerapkan sistim rujukan online bagi pasien BPJS Kesehatan.

"Seiring berkembangnya waktu, pada jaman now sekarang ini kan, masyarakat tidak terlepas dari kecanggihan teknologi, apa-apa online, belanja online. Kenapa pelayanan kesehatan gak kita coba pakai sistim online," katanya.

Menurut Asri, penerapkan sistim rujukan online, merupakan salah satu solusi untuk mengatasi pemasalahan pelayanan kesehatan bagi peserta BPJS Kesehatan disamping penerapan program prigram lainnya seperti mobile JKN, informasi mengenai ketersediaan kamar inap, dokter serta ruang UGD dan dan sebagainya.

Meski demikian Asri tidak mempungkuri bahwa keluhan peserta terhadap pelayanan kesehatan dari pihak rumah sakit masih tetap saja ada, hal ini disebabkan karena masih ada pihak rumah aakit yang tidak menjalankan komitmennya seperti yang tercantum dalam akad kerjasama.

"Sampai saat ini sudah ada pihak rumah sakit yang mendapatkan sudah mendapatkan surat peringatan dari kita. Rumah sakit mana?, tidak perlu kita sebutkan, namun setelah mendapatkan surat 'cinta' dari kuta, pelayanan rumah sakit tersebut sudah membaik," kata Asri sambil bergurau. (az)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa