Untuk Memenuhi Ketersediaan Asesor, LPJK Laksanakan pelatihan AKBU dan AKTK di Provinsi Riau

Article Ketua LPJK Provinsi Riau berfoto bersama dengan peserta pelatihan AKBU dan AKTK yg ditaja LPJK Nasional di hitel Grand Elite Pekanbaru


Pekanbaru (Rakyat Riau) - Dalam rangka memenuhi kebutuhan akan asesor di lingkungan Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Provinsi Riau sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2017 tentang Jasa Konstruksi, LPJK Nasional bekerjasama dengan LPJK Provinsi Riau menyelenggarakan pelatihan Asesor Kemampuan Badan Usaha (AKBU) dan Asesor Kompetensi Tenaga Kerja (AKTK) bertempat di Hotel Grand Elite Pekanbaru (17/9/08).

Ketua LPJK Provinsi Riau H. Aswandi, SE dalam sambutannya pada acara pembukaan pelatihan tersebut mengucapkan apresiasi kepada LPJK Nasional yang telah menyelenggarakan pelatihan AKBU dan AKTK di Provinsi Riau untuk memenuhi ketersediaan asesor di Provinsi Riau, yang mana kegiatan serupa telah dilaksanakan di beberapa provinsi di Indonesia.

"Pelatihan AKTK kali ini adalah untuk klasifikasi arsitektur dan klasifikasi Ahli Teknik Jalan. Besar harapan kami ke depan LPJK Nosional dapat melaksanakan program pelatihan untuk klasifikasi dan sub klasifikasi lain pada kesempatan berikutnya," katanya.

Menurutnya, untuk saat ini jumlah ketersediaan Asesor Kompetensi Tenaga Kerja (AKTK) di LPJK Provinsi Riau adalah asesor arsitektur 14 orang, asesor sipil 34 orang, asesor mekanikal 8 orang, asesor elektrikal 15 orang dan asesor tata lingkungan 9 orang.

"Jadi jumlah keseluruhan AKTK LPJK Provinsi Riau ada sebanyak 80 orang dan yang sudah registrasi ulang sebanyak 42 orang karena ada yang tidak aktif. Sementara Asesor Kemampuan Badan Usaha (AKBU) ada sebanyak 19 orang dan yang sudah registrasi ulang ke LPJK Nasional ada sebanyak 17 orang sedangkan 2 orang tidak aktif lagi," jelasnya.

Dikatakan Aswandi, pada pelatihan kali ini banyaknya calon peserta pelatihan AKBU yang mendaftar ada 43 orang terdiri dari 14 asosiasi dan yang lolos untuk mengikuti pelatihan mulai dari tanggal 17 sampai 21 September 2018 ini ada sebanyak 40 orang.

"Oleh karena itu kami mengucapkan selamat mengikuti pelatihan asesor kepada calon Asesor Kemampuan Badan Usaha dan calon Asesor Kompetensi Tenaga Kerja. Ikutilah pelatihan ini dengan sungguh-sungguh dan penuh kedisiplinan. Kami berharap lulus semuanya dan jadilah asesor yang memiliki integritas dan profesional," harapnya. (az

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa