Dinas Sosial Provinsi Riau Taja Goro di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Sekdaprov: Sebaiknya Hilangkan Kesan Angker


Pekanbaru (Rakyat Riau) - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke 73 tahun 2018, Dinas Sosial Provinsi Riau menyelenggarakan bakti sosial berupa gotong royong masal bertempat di Taman Makam Pahlawan Kusima Dharma Jl Sudirman Pekanbaru, Kamis pagi (16/8/18)

Kegiatan ini diikuti oleh seluruh staf, mulai kepala dinas, kepala bidang, kepala seksi dan seluruh pengawai Dinas Sosial Provinsi Riau. Selain itu juga diikuti anggota Tagana Provinsi Riau, ada juga TNI dan para relawan lainnya.

Hadir juga Sekda Provinsi Riau Ahmad Hijazi. Ketika diminta tanggapannya, Ia mengatakan, kegiatan gotong royong di Taman Mqkam Pahlawan hari ini meupakan momentum yabg tepat karena nanti malam akan ada kwgiatqn renungan suci yang akan di ikuti oleh gubernur riau dan seluruh pejabat lainnya serta TNI dan Polri.

"Sebaiknya mungkin tiga bulan atau enam bulan sekali kegiatan ini dilaksanakan, tidak hanya menunggu mementum seperti ini," katanya.

Kemudian, lanjutnya, wilayah atau kawan ini adalah kawasan publik bisa saja disekitar taman ini dibuat halte wifi, jadi sore anak-anak bisa main ketempat ini sambil bawak lektop.

"Jadi menghilangkan kesan seram, sama saja seperti ruang publik lainnya seperti RTH. Namanya aja taman, jadi dibuat seperti tidak angker. Beda dengan makam umum dan lagi pula orang yang masuk ke sini adalah orang yang jelas mati syahid banyak," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi Riau Drs Dahrius Husin MM ketika diminta tanggapannya mengatakan, gotong royong ini merupakan pengganti senam yang diselenggarakan setiap Kamis pagi. Artinya gotong royong ini merupakan olahraga bersih-bersih di taman makam pahlawan, disamping untuk menghayati dan menjiwai agar semangat para pahlawan terdahulu itu dapat memberikan motivasi dan dorongan bagi kita untuk berbuat yang terbaik untuk negeri inu.

"Selain itu kita mengambil tempat ini untuk gotong royong, dalam rangka mengenang jasa para pahlawan kita sekaligus untuk mengingatkan kepada diri kita bahwa hidup kita ini tidak akan kekal selamanya. Kita juga akan mati dan meningalkan dunia ini. Untuk itu dengan melihat makam ini, fiharapkan dapat keimanan kita kepada yabg maha kuasa sehingga yang perlu kita lakukan setiap saat adalah bagaimana kita berbuat baik dan beramal sebagai bekal kita nantinya apabila dipanggil mengahap Ilahi," katanya.

Selain itu kedepan Ia berencana akan mencoba untuk mengajak instansi lainnya untuk olah raga membersihkan taman makam pahlawan ini. "Sebenarnya pegawai kita, ada juga PNS yang kita tugaskan disini. Tapi ini adalah untuk lebih membersihkannya lagi," ujarnya.

Ketua FK Tagana Provinsi Riau Rahmat Putra mengatakan dalam rangka memperingati HUT RI ke 73 tahun 2018, kegiatan gotong royong di makam pahlawan ini merupakan langkah yang baik, disamping gotong royong, ini juga wisata religi.

"Karena ini makam, maka sehebat apapun kita, sambil hepy-hepy kita harus ingat bahwa kita akan masuk kubur juga seperti yang kita lihat pada makam pahlawan ini," jelasnya. (az)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa