Dinas Pariwisata Kampar Kembangkan Konsep Ekonomi Kerakyatan Dimulai Dari Pariwisata

Article Wawancara dengan kadis pariwisata kampar


Bangkinang (Rakyat Riau) - Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar akan melakukan konsep pengembangan pariwisata dengan pola ekonomi kerakyatan berawal dari Dinas Pariwisata. Artinya pengembangan ekonomi kerakyatan itu dimulai dari pariwisata dan tidak lagi dari sektor lain, karena pariwisata ini adalah modal atau investasi sekali jalan kemudian tinggal lagi managemen pengelolaanmnya saja.

"Untuk itu kita minta kepada masyarakat selalu dan selalu memperbaharuinya, baik managemen pengelolaan maupun wahana permainan maupun tingkat pelayanannya," ungkap Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Zulia Dharma ketika ditemui di ruangan kerjanya, Selasa (7/8/18).

Menurut Kadis, untuk menumbuhkembangkan pariwisata Kabupaten Kampar dan menjadikan Kabupaten Kampar sebagai salah satu daerah tujuan wisata di Provinsi Riau. Dinas Pawisata Kabupaten Kampar akan melibatkan dan mengembangkan wisata melalui tiga komponen yakni komponen masyarakat, komponen swasta dan pemerintah.

"Jadi akan dikembangkan dengan peranserta masyarakat dan swasta, sementara pemerintah hanya sebagai pembimbing dan pembina serta pengawasan," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, ia bersyukur bahwa saat ini di Kabupaten Kampar sudah ada sebanyak 76 kelompok detinasi wisata dan diiringi oleh pertumbuhan kelompok sadar wisata (Pokdarwis) sebanyak 19 kelompok.

"Jadi intinya alhamdulillah pariwisata Kampar saat ini sedang bueming di Provinsi Riau," ujarnya.

Sementara itu Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar Heri Susanti SE mengatakan, saat ini pihakbya terus melakukan promisi dan pengembangan berbagai objek di Kabupaten Kampar sehingga pariwisata Kampar betul betul menjadi daerah tujuan wisata di Provinsi Riau.

"Alhamdulilah tingkat kunjungan wisata di Kabuapen Kampar terus meningkat. Tahun 2017 lalu tingkat kunjungan wisata domestik dan mancanegara di Kabupaten Kampar mencapai 800 ribu orang," jelasnya. (az)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa