Triwulan II 2018, Ekonomi Riau Tumbuh 2,38 Persen

PEKANBARU (Rakyat Riau.com) - Ekonomi Riau triwulan II-2018 tumbuh 2,38 persen (y-on-y), lebih lambat dibanding triwulan yang sama tahun sebelumnya sebesar 2,49 persen.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Riau Ir Aden Goltom menjelaskan, dari sisi produksi, pertumbuhan didorong oleh hampir semua lapangan usaha kecuali Pertambangan dan Penggalian, dan Pengadaan Air, Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Daur Ulang.

"Pertumbuhan tertinggi dicapai oleh lapangan usaha jasa Lainnya yang tumbuh 8,56 persen. Dari sisi pengeluaran, pertumbuhan tertinggi dicapai oleh komponen pengeluaran konsumsi lembaga nonprofit yang melayani rumah tangga (PK-LNPRT) yang tumbuh sebesar 11,21 persen," jelas Aden Senin (6/8/2018) di kantornya.

Sementara terhadap triwulan I-2018 (q-to-q), ekonomi Riau triwulan II-2018 tumbuh sebesar 0,95 persen. Dari sisi produksi, kata Aden, peningkatan ini terutama terjadi pada lapangan usaha perdagangan besar dan eceran, reparasi mobil dan sepeda motor yang erat kaitannya dengan momen puasa Ramadan, lebaran, dan libur bersama yang jatuh di triwulan II 2018.

Peningkatan juga terjadi pada lapangan usaha Konstruksi dengan adanya sejumlah pembangunan infrastruktur pada triwulan ini. Sementara itu dari sisi pengeluaran, peningkatan terutama terjadi pada komponen Pengeluaran Konsumsi Rumah Tangga (PK-RT) dan Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB) terutama subkomponen Bangunan.

"Secara spasial, pada triwulan II-2018 Provinsi Riau berkontribusi sebesar 5,03 persen terhadap perekonomian nasional. Provinsi Riau merupakan provinsi dengan PDRB terbesar ke-5 di Indonesia dan terbesar di luar Pulau Jawa," pungkasnya. (nik)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa