Serap Aspirasi, Gafar Usman Silahturahmi dengan Warga Kelurahan Meranti Pandak

Article Anggota DPD RI Gafar Usmab saat besilahturahmi dengan warga kelurahan meranti pabdak


Pekanbaru (Rakyat Riau) - Dalam rangka menjemput atau menjaring aspirasi masyarakat di tingkat akar rumput atau mayarakat paling bawah, anggota Dewan Perwakilan Daerah Republil Indonesia (DPD RI) Dapil Riau Drs H Abdul Gafar Usman MM MSc, Jumat malam mengadakan pertemuan silahturahmi dengan masyarakat Kelurahan Meranti Pandak Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru.

Pertemuan yang diadakan di RW 02 tersebut dihadiri oleh Ketua Forum RT/RW Kelurahan Meranti Pandak Andri, Ketua RW 02 Saparuddin, para ketua RT se RW 02, tokoh masyarakat, ibu-ibu dan pemuda dan pemudi RW 02 dan undangan lainnya.

Kehadiran tokoh masayakat Riau ini, di RW 02 di sambut hangat oleh masyarakat. Selain menyampaikan dan menjelaskan tentang tugas, tanggungjawab serta kewenangan DPD RI. Selain itu, ia juga menceritakan tetang pengalaman hidupnya dari kecil dimana orang tuanya adalah seorang petani kecil dan karena tak punya biaya untuk sekolah ia menjadi guru ngaji dan tinggal di masjid dan musalla di Pekanbaru. Kemudian berkat pertolongan Allah ia disekolahkan oleh pemerintah ke berbagai universitas di Indonesia dan di luar negeri, dipercaya memimpin berbagai organisasi, sampai menjadi Kepala Kantor Kementrian Agama Provinsi Riau dan menjadi anggota DPD RI hingga saat ini.

"Semua itu saya raih berkat pertolongan Allah dan berkat pergaulan yang baik dengan orang lain serta kemauan keras untuk terus belajar dan belajar sehengga menjadi modal bagi saya untuk duduk di jabatan tersebut. Jadi jalinlah silahturahmi, karena silahturahmi memperbanyak rezeki," katanya memberi motivasi kepada masyarakat agar terus menjaga silahturahmi dan jangan putus asa dalam berjuang serta menuntut ilmu sebagai modal hidup dimasa yang akan datang.

Selama dipercaya menjadi anggota DPD RI, Gafar Usman juga menceritakan keberhasilannya dalam mengurus dan memperjuangkan berbagai persoalan daerah, misalnya terkait beberapa kali tersendatnya aliran dana dari pusat ke daerah Riau, (semasa Gubernur Riay Rusli Zainal), terkait dana bagi hasil dan sejumlah persoalan daerah yang alhamdulilah berhasil di perjuangkannya.

"Semua itu berkat pergaulan dan cara atau sikap kita dalam berhadapan dengan orang lain untuk menyikapi dan menyelesaikan suatu persoalan tadi," jelasnya setelah menyampaikan bebagai cara yang dilakukannya dalam menyikapi persoalan tersebut.

Pada kesempatan itu anggota DPD RI ini juga menampung berbagai aspirasi dan pengaduan masyarakat tentang persoalan yang masayarakat hadapi selama ini. Dimana menyampaikan bahwa sejak bebrapa tahun belakangan ini parit jalan Yossudarso tepatnya yang betada di RW 02 dan RW 12 tidak berfungsi lagi untuk itu perlu nomalisaai agar air bisa mengalir sehingga perumahan warga tidak kebanjiran bila hujan tiba.

"Kami berharap parit ini digali dengan alat berat, karena kalau dengan tenaga manusia ini cukup berat. Untuk itu mohon bantuan bapak dan surat ke dinas PU kota sudah kami kirim, namun ini ternyata wewenang provinsi. Namun demikian kami juga coba gotong royong hari minggu ini,' ungkap Ketua RW 02 Saparuddin.

Untuk mengurangi terjadinya banjir saat hujan tiba yang beberapa bulan ini merendam masjid Baiturrahman RW 02, dalam waktu dekat ini juga akan dilakukan normaluaaai parit belanda dari Sungai Siak RW 13 melalui RW 10, RW 01 sampai RW 02.

'Namun kita rembukan bersama RW RW terkait untuk biaya operasional alat berat.' Jelas Ketua Forum RT RW Kelurahan Meranti Pnadak Adri.

Selain itu ada juga pengaduan warga yang bekerja di PT RICRY yang sudah dua bulan inu tidak bekerja dan tidak gajian.

Dan menanggapi hal tetsebut Gafar Usman meminta surat secara resmu atau tembusan surat dari warga ke instansi terkait, sebagai dasar baginya untuk menindaklanjuti keluhan warga. Dan pada kesempatan itu, Gafar Usman memberikan bantuan untuk masjid Baiturrahman yang nantinya akan direhap agar tidak kebanjiran lagi. (az)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa