Pentingnya SisDa dan Aplikasi e-SDA Dalam Pembangunan Sumber Daya Air Di Provinsi Riau

RAKYATRIAU.COM -Penyusunan sistem informasi dan data (sisda) serta penerapan aplikasi e-SDA untuk pengelolaan sumber daya air terpadu Provinsi Riau menjadi judul dari project leader dalam usulan proyek perubahan, yg dijadikan momentum berkembangnya informasi dan data secara manual ke sistem digital serta penerapan akses singkat dan cepat melalui e-SDA Riau. Permasalahan isu strategis pengelolaan sumber daya air terpadu di provinsi Riau dalam hak guna dan pakai air guna pelestarian aset-aset sumber daya air, menujukkan komitmen Pemerintah Provinsi Riau dan nilai integritas yg selalu menjunjung tinggi budaya dan kearifan lokal serta wawasan kebangsaan di dalam menjaga keutuhan sumber daya air di provinsi Riau, menjadi nilai utama dan ikut melestarikan SDA dari ekplorasi dan eksploitasi pihak yg tidak bertanggung jawab, sehingga menjadikan judul ini sangat perlu diangkat.

Dinas pekerjaan umum provinsi Riau melalui Bidang sumber daya air ikut berperan aktif dalam pembangunan infrastruktur d provinsi Riau, termasuk pembangunan infrastruktur SDA dalam pengelolaan jaringan irigasi, rawa, dan jaringan pengairan lainnya, konservasi SDA dan jaringan pengairan lainnya serta pengendalian banjir menjadi program utama yg harus dituntaskan.

Provinsi Riau yg hampir 1/3 wilayahnya terdiri perairan menjadi sangat potensial dan berperan di dalam pembangunan Provinsi Riau sektor perairan. Tingginya kebutuhan data, informasi dan rekomtek perizinan mewajibkan kita selaku insan pemerintahan ikut berperan dan memiliki andil menyelesaikan isu strategis dan permasalahan yang ada selama ini.

Oleh karena itu sesuai tema di atas Kepala Bidang Sumber Daya Air Dinas PUPR Provinsi Riau turut serta menuntaskan berbagai permasalahan dan isu dengan menyelesaikannya melalui SisDa dan aplikasi e-SDA Riau dalam usulan proyek perubahan pada diklat kepemimpinan tingkat 3 angkatan 1 tahun 2018 di Badan pengembangan sumber daya manusia (BPSDM) prov Riau.

Harapan ke depan dengan judul ini mampu memberikan informasi dan Data penting bagi semua pemangku kepentingan (stake holder), dan meminta komitmen Kita bersama mendukung serta Menuntaskan permasalahan yang ada dan Sektor perekonomian masyarakat Riau khususnya masyarakat pesisir dapat diatasi meskipun anggaran pembangunan bidang SDA sangatlah minim dalam porsi APBD maupun APBN.

Harapan kita semua semua pihak mulai pusat, kabupaten/kota menyadari arti penting SisDa dan aplikasi e-SDA Riau mampu menjadikan potensi PAD meningkat dan sektor-sektor ekonomi masyarakat dan dunia usaha menjadi lebih baik dan meningkat melalui program ini.

M Efendi Saputra, MT selaku kepala bidang sumber daya air sangat berterima kasih atas dukungan stake holder dan semua pihak dalam penyelesaian proyek perubahan agar provinsi riau lbh baik dan maju sesuai moto Riau prioritas (professional, religius dan integritas) dan selaras tema HUT Riau menghulu budaya Melayu menghilir Riau berintegritas.

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa