30 PTN dan PTS Ambil Bagian Dalam ON MIPA-PT 2018 Wilayah X

RAKYATRIAU.COM, PEKANBARU -- Sebanyak 30 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dan Perguruan Tinggi Swasta (PTS) ikut ambil bagian dalam Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi (ON MIPA-PT) tahun 2018 Kopertis wilayah X. Acara ini dilaksanakan di Universtias Muhammadiyah Riau (Umri).

Sekretaris Pelaksana Kopertis Wilayah X Yandri A SH MH, saat membuka ON MIPA-PT Tahun 2018, Rabu 21 Maret 2018 di kampus Universitas MUhammadiyah Riau (Umri), Jalan Tuanku Tambusai Ujung Pekanbaru, menjelaskan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) melakukan berbagai program untuk mancapai indikator kinerja program Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan terutama pada pemenuhan jumlah mahasiswa berprestasi.

"Dalam rangka mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) serta peningkatan kualitas perguruan tinggi, diselenggarakan berbagai kegiatan fasilitasi yang salah satunya adalah ON MIPA-PT," jelas Yandri.

Disebutkan, secara universal, ilmu-ilmu dasar dan Matematika merupakan bidang penting yang harus dikuasai oleh masyarakat. Sayangnya kualitas Pendidikan di Indonesia pada bidang ini tergolong rendah.

"Seperti dilaporkan oleh lembaga terkait yang melakukan studi atau asesmen, misalnya Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS) atau Program for International Student Assessment (PISA),"jelas
Kegiatan tersebut menurutnya bertujuan untuk meningkatkan minat mahasiswa dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia dan Biologi. Mendorong peningkatan kemampuan akademik dan memperluas wawasan mahasiswa bidang MIPA. Mendorong peningkatan kualitas dan memperluas wawasan staf pengajar bidang MIPA.

"Memberikan masukan untuk perbaikan pembelajaran di perguruan tinggi,
khususnya dalam bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi. Dan menjadi sarana promosi dan meningkatkan daya tarik Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi di tengah-tengah masyarakat," pungkasnya.

Untuk pelaksanaan ON MIPA-PT ini secara serentak dilaksanakan di 14 wilayah. Khusus untuk Provinsi Riau diikuti oleh 289. Adapun untuk peserta yang mengikuti kegitan ini merupakan hasil seleksi di kampus masing-masing.

"Rincian peserta untuk masing-masing kategori lomba adalah Biologi 85 peserta, Fisika 71 peserta, Kimia 60 peserta, MTK 77 peserta," pungkasnya.

Yandri menambahkan, Lomba dilakukan dalam tiga tahap yaitu Tahap I di tingkat perguruan tinggi yang menghasilkan 7 mahasiswa terbaik masing-masing bidang, Tahap II tingkat wilayah untuk menentukan 64 mahasiswa terbaik, dan Tahap III di tingkat nasional yang menghasilkan 20 mahasiswa terbaik. (nik)

Berita Terkait
Olahraga
Peristiwa